Kamis, 12 Juli 2018

Sudahkah Syarat Mengajukan Kartu Kredit Terpenuhi ?


Sebenarnya, sudah jelas lho apa saja syarat mengajukan kartu kredit. Namun, kenapa banyak orang yang ditolak ketika mengajukan kartu kredit ?

Aneh memang. Banyak yang merasa sudah memenuhi apa saja yang menjadi syarat pembuatan kartu kredit. Mereka sudah memberikan data yang diminta. Namun, akhirnya gagal juga.

Jika Anda mengalami hal yang sama, mungkin Anda perlu review lagi apa benar Anda sudah memenuhi syarat pembuatan kartu kredit.

Syarat Membuat Kartu Kredit
Sebelumnya, harus dipahami dulu setiap bank memiliki syarat yang berbeda ketika seseorang ingin mengajukan kartu kredit. Namun, perbedaan hanya pada item-item tertentus aja. Secara umum, syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika mengajukan kartu kredit adalah sebagai berikut :

1. Fotocopy Kartu Identitas
Dalam hal ini, yang dimaksud dengan kartu identitas adalah KTP. Tidak perlu yang asli yang dibawa tapi cukup dengan fotocopy.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana jika tidak punya KTP mengingat sekarang ini harus menunggu waktu yang cukup lama untuk mendapatkan eKTP. Waktu menunggu sampai kurang lebih 1 tahun.

Untuk itu, jika Anda belum punya eKTP, sebaiknya Anda membawa surat keterangan asli dari Capil (Catatan Sipil) atau fotocopy legalisir dari Capil.

2. Fotocopy Penghasilan 
Selain fotocopy kartu identitas, Anda juga harus bawa fotocopy penghasilan. Jika Anda karyawan, bawa struk gaji bulanan.

Jumlah gaji ini yang membedakan antara satu bank dengan bank yang lain. Anda bisa memilih bank yang memberikan syarat pengajuan kartu kredit ringan di mana jumlah gajinya tidak harus yang tinggi.

3. Fotocopy NPWP
Hampir semua hal yang berkaitan dengan perbankan membutuhkan NPWP. Sekarang, orang tidak bisa membuka tabungan jika tidak punya NPWP. Begitu juga ketika Anda ingin membuka kartu kredit.

Itulah mengapa sebelum Anda ke bank dan mengajukan kartu kredit, Anda harus pastikan sudah membuat NPWP. Jika belum, Anda bisa datang ke kantor pajak dan urus dulu NPWP Anda.

4. Fotocopy Buku Tabungan
Tidak semua bank mensyaratkan untuk memfotocopy buku tabungan. Akan tetapi, sebaiknya Anda fotocopy saja buku tabungan Anda barangkali dibutuhkan. Biasanya, harus ada data minimal pemasukan atau data tabungan selama 3 bulan terakhir.

5. Usia Minimal
Ini juga yang berbeda. Ada bank yang mewajibkan pemegang kartu kredit harus berusia 21 tahun. Namun, untuk bank HSBC, boleh juga anak 17 tahun memegang kartu kredit. Hanya saja, ia hanya pemegang kartu kredit tambahan saja. Meskipun kartu tambahan, manfaat yang bisa didapatkan juga sangat banyak.

6. Memiliki Kartu Kredit Sebelumnya 
Beberapa kartu kredit mensyaratkan agar Anda sudah pernah memiliki kartu kredit meskipun dari bank yang berbeda. Dan jika ini disyaratkan, maka Anda harus bawa tagihan selama 3 bulan terakhir.

Jika Anda punya kartu kredit dan tidak ada masalah dengan tagihan, maka Anda akan semakin mudah untuk mendaftar kartu kredit yang lainnya.

Itulah secara umum syarat mengajukan kartu kredit. Namun, sekali lagi, setiap bank mungkin punya syarat khusus lainnya. Anda harus tanyakan kepada customer service.
Lalu, mengapa ketika Anda sudah memenuhi syarat ternyata tidak diterima? Mungkin Anda melakukan kesalahan.


Kesalahan Yang Membuat Pengajuan Kartu Kredit Tidak Diterima  
Banyak orang yang sudah merasa memenuhi semua syarat untuk memiliki kartu kredit. Akan tetapi, mereka mendapatkan kabar buruk. Pihak bank menyatakan mereka tidak layak untuk mendapatkan kartu kredit. 

Jika itu yang terjadi, sebaiknya Anda langsung hubungi customer service. Bisa saja Anda memang sudah memenuhi semua syarat yang ditentukan oleh pihak bank. Namun, Anda tidak sadar telah melakukan kesalahan sepele ini.

- Pengisian Formulir Kurang Lengkap 
Saat Anda mengisi formula pengajuan kartu kredit, bisa saja Anda kurang lengkap dalam mengisi formulir tersebut. Maka dari itu, Anda harus bati-hati saat mengisi formulir pengajuan kartu kredit.

Saat ini, pengisian formulir pengajuan kartu kredit bisa saja dilakukan secara online. Dan ini perlu kehati-hatian. Pastikan semua data yang diminta diisi dengan lengkap. 

- Verifikasi Gagal 
Jika formulir diisi secara online, maka akan terlihat dengan cepat apakah formulir yang Anda isi sudah lengkap atau belum. Jika belum, maka secara otomatis proses verifikasi akan gagal.

Apa yang membuat proses verifikasi gagal ? Banyak sekali. Dan kebanyakan ini disebabkan masalah sepele seperti nomor telpon pribadi yang tidak diisi, nama keluarga dekat serta nomor mereka yang bisa dihubungi, dan juga alamat rumah yang kurang lengkap.

- Mengajukan Kartu Kredit Di Bank Yang Beda
Anda pasti punya rekening bank, bukan ? Dan sebaiknya di bank itu pula Anda mengajukan kartu kredit. Pasalnya, kebanyakan pihak bank sulit atau bahkan tidak menyetujui lantaran Anda mengajukan kartu kredit di bank yang beda dengan kartu tabungan Anda.

- Penghasilan Yang Mencurigakan
Bisa saja Anda memasukkan data-data lengkap seperti penghasilan Anda setiap bulan. Karena inilah yang menjadi syarat penting dalam pengajuan kartu kredit. Mungkin Anda sudah menyebutkan nominal yang tepat. Akan tetapi, pihak bank menyatakan bahwa nominal tersebut tidak mungkin atau mencurigakan. 

Kasus semacam ini sangat sering terjadi. Apalagi jika pekerjaan Anda bukan pekerjaan yang biasa di mana Anda mendapatkan gaji yang pasti. Contohnya saja Anda pengusaha dan juga sebagai karyawan. Maka, bank bisa saja mencurigai penghasilan Anda karena bank mungkin hanya melakukan taksir dari gaji yang Anda dapatkan sebagai seorang karyawan, belum penghasilan Anda lainnya.

Untuk itu, jangan kecewa ketika bank menyatakan tidak menyetujui pengajuan kartu kredit Anda. Minta konfirmasi jika Anda merasa sudah memenuhi semua syarat mengajukan kartu kredit

Bagikan

Jangan lewatkan

Sudahkah Syarat Mengajukan Kartu Kredit Terpenuhi ?
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.