Sabtu, 21 Juli 2018

Ini Dia 3 Keuntungan Mengikuti Asuransi Syariah



Saat ini, asuransi syariah lebih diminati dibanding asuransi konvensional. Hal ini karena semakin banyaknya masyarakat yang ingin menerapkan konsep syariah dalam transaksi ekonomi mereka. Tak hanya bank syariah, asuransi pun menjadi pilihan. Berikut ini beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan bila mengikuti asuransi syariah. 

1. Lebih Transparan dan Diawasi Dewan Pengawas Syariah MUI
Inilah yang membedakan antara asuransi syariah dengan asuransi konvensional. Untuk asuransi jenis ini, akan diawasi penuh oleh Dewan Pengawas Syariah MUI yang akan memberikan sanksi pada pelaku ekonomi syariah apabila kegiatan yang dilaksanakan tidak sesuai konsep syariah. 

Hal ini tentu membuat banyak orang lebih mempercayai asuransi yang syariah karena terjamin pengelolaannya. Asuransi jenis ini juga memiliki pengelolaan dana yang lebih transparan karena konsep pembagian hasil sudah dijelaskan sejak awal. Biasanya asuransi yang syariah akan membagi persentase tabaru (premi) 70% dan ujroh (keuntungan) sebesar 30%. 

Dalam asuransi dengan konsep syariah, nasabah tak hanya bisa mengajukan asuransi untuk dirinya saja tapi juga bisa berinvestasi langsung lewat lembaga asuransi tersebut. Seperti Allisya Protection Plus dari Allianz, Anda dapat menambahkan dana investasi kapanpun Anda inginkan.

Tak hanya itu, Allisya Protection Plus juga akan membayar santunan asuransi Anda bila terjadi musibah ditambah dengan nilai investasi yang telah Anda dapatkan. Anda juga dapat melakukan penarikan dana jika berada dalam keadaan darurat atau memiliki kebutuhan financial yang mendesak. 

2. Konsep Asuransi Syariah Lebih Baik dari Asuransi Konvensional
Hal lain yang menjadikan asuransi berbasis syariah lebih diminati adalah konsepnya yang memiliki prinsip tolong menolong. Prinsip tolong-menolong ini berupa sistem donasi, yang artinya saat Anda membayar premi berarti Anda juga berkontribusi membantu nasabah lain yang mendapat musibah. 

Dalam asuransi berbasis syariah, dana sepenuhnya milik nasabah. Dengan menggunakan konsep bagi hasil (mudharabah) membuat dana nasabah lebih aman dan terjamin. Allisya Protection Plus dari Allianz, memiliki keunggulan lain dari asuransi  berkonsep syariah lainnya. Anda dapat bebas menentukan cara dan masa pembayaran premi. 

3. Asuransi Berbasis Syariah Tidak Mengenal Dana Hangus
Asuransi berbasis syariah tidak mengenal dana hangus seperti asuransi konvensional. Dalam asuransi jenis ini, akad yang diterapkan adalah titipan (wadiah). Hak nasabah dalam asuransi  berkonsep syariah tidak akan gugur hanya karena tidak membayar premi sesuai kesepakatan awal. 


Karena dana dalam asuransi yang syariah sepenuhnya milik nasabah, dana nasabah akan dikembalikan jika tidak sanggup membayar premi atau mengundurkan diri di tengah jalan. 

Konsep inilah yang merupakan keuntungan dan keunggulan asuransi syariah dibandingkan dengan asuransi konvensional. Tak hanya itu, asuransi syariah juga menawarkan program asuransi jiwa dan investasi. Tak hanya mendapat perlindungan, Anda juga dapat memperoleh keuntungan lewat investasi. 

Jika Anda tertarik mengikuti asuransi berbasis syariah, Anda dapat mempertimbangkan Allisya Protection Plus dari Allianz. Asuransi jiwa dan investasi satu ini akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda contohnya kebebasan menentukan masa dan cara pembayaran premi. 

Allianz saat ini sedang mengadakan program Kado Umroh yang merupakan bagian dari #KadoRamadhanAllianz. Program ini merupakan event menulis kisah inspiratif tokoh-tokoh di sekitar Anda yang menginspirasi Anda dan berhak mendapatkan kado umroh gratis dari Allianz. 

Sudah ada 25 cerita inspiratif yang terpilih. Segera kunjungi KadoUmroh Allianz untuk membaca kisah-kisah terpilih tadi dan wujudkan impian mereka pergi ke tanah suci.

Bagikan

Jangan lewatkan

Ini Dia 3 Keuntungan Mengikuti Asuransi Syariah
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.