Kamis, 10 Mei 2018

Yuk, Kenali Berbagai Jenis Alergi Kulit pada Anak dan Bayi !

Description: Kulit anak-anak dan bayi masih sangat sensitif sehingga mudah terserang alergi. Ada banyak jenis alergi kulit pada anak dan bayi yang sering menyerang. Apa saja ?

Kulit anak dan bayi adalah hal yang masih sensitif. Oleh sebab itu, mereka akan mengalami alergi. Alergi kulit pada anak ada banyak jenisnya, ya ! Jadi, tak hanya terbatas pada satu jenis saja. Untuk mengetahui cara menanganinya yang tepat, ada baiknya Anda juga tahu apa saja jenis alergi yang menyerang buah hati Anda dan apa yang menyebabkannya.

Jangan asal memberi mereka obat, ya ! Salah-salah, bukannya sembuh alergi yang menyerangnya akan tambah parah. Lalu, apa saja jenis alergi yang biasa menyerang kulit anak dan bayi dan bagaimana cara mengatasinya ? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihatnya di sini !


1. Gatal-Gatal dan Pembengkakan
Jenis alergi pada kulit yang menyerang anak-anak yang pertama adalah gatal-gatal dan pembengkakan. Gatal-gatal ini akan menimbulkan bercak-bercak merah atau benjolan bewarna kemerahan di permukaan kulit anak-anak. Gatal ini biasanya hanya muncul dalam waktu yang tak terlalu lama. Hanya beberapa jam saja. Jika naas, bisa sampai hitungan hari.

Gatal-gatal dan pembengkakan ini umumnya akan sembuh dengan sendirinya. Biasanya, kondisi ini muncul tanpa aca penyebab. Meski begitu, tetap saja ada penyebab pasti yang mengakibatkan gatal-gatal ini muncul. Pemicunya biasanya adalah sengatan serangga, infeksi vorus atau alergi pada makanan tertentu seperti telur, kedelai atau makanan laut.

2. Eksim
Jenis alergi pada kulit anak dan balita selanjutnya adalah eksim. Biasanya, alergi yang satu ini hanya timbul pada bayi atau anak yang memiliki riwayat alergi terjadap suatu makanan. Selain itu, penyebab lainnya adalah karena rhinitis alergi dan asma. Alergi ini muncul ditandai dengan ruam pada kepala atau wajah lalu menyebar ke dada dan lengan.

Selain ruam, tanda lain yang biasanya muncul karena eksim ini adalah bagian kulit yang mengering atau menebal atau infeksi yang berulang. Biasanya, makin digaruk rasanya akan semakin gatal. Agar tak semakin gatal, sebaiknya berikan pakaian yang berbahan lembut untuk digunakan anak Anda.  

Sampai saat ini, sebenarnya para ahli belum bisa menemukan secara pasti apa penyebab terjadinya eksim ini. Namun, para ahli sudah menyarankankan cara penyembuhan yang tepat. Selain jangan digaruk, sebaiknya hindarkan kulit anak berkeringat. Jangan menggunakan produk sabun dan deterjen tertentu dan hindari beresntuhan dengan kain yang kasar.

3. Dermatitis Kontak
Jenis alergi lain yang biasanya menyerang kulit anak adalah dermatitis kontak. Ini adalah sejenis ruam yang biasanya dipicu oleh sentuhan langsung anak terhadap benda yang jadi pemicunya. Biasanya, pemicu dari alergi berupa ruam ini adalah kosmetik, bahan kimia, bahan pewarna sepatu serta bahan yang ada dalam pasta gigi dan obat kumur.

Kondisi ini biasanya memiliki gejala berupa kulit yang kemerahan, tebal hingga bersisik. Sialnya, ruam ini memiliki sensasi gatal yang luar biasa. Bahkan lebih parah dari ruam akibat gatal-gatal dan pembengkakan. Bila hal ini menimpa buah hati Anda, sebaiknya segera bawa ke dokter anak atau dokter kulit terdekat.

4. Alergi terhadap Air Liur
Jenis alergi kulit anak dan bayi selanjutnya yang sering menimpa adalah alergi terhadap air liur. Biasanya, alergi ini terjadi pada sekitar mulut dan dagu anak-anak. Orang tua biasanya mengira hal ini terjadi karena anak tersebut alergi terhadap suatu makanan. Padahal itu salah besar. Penyebab utama terjadi ini adalah air liur mereka sendiri.

Bentuk alergi ini adalah kulit kemerahan yang kerap kali disertai dengan benjolan kecil di bagian dagu dan mulut tersebut. Tentu saja, ini diakibatkan adanya kontak dengan air liur. Bila parah, ada yang sampai menyebar ke area dada. Namun Anda tak perlu khawatir, selama ruam tersebut tak berkerak atau kekuningan, ini tidak perlu Anda risaukan.

Alergi kulit pada anak sebenarnya adalah hal yang lumrah. Keadaan ini memang tampak mengkhawatirkan tapi Anda juga tak perlu terlalu cemas. Anda hanya perlu konsultasi dengan dokter bila terjadi hal yang parah. Selain itu, lengkapi gizi mereka juga dengan susu seperti Nutriclub yang mengandung banyak nutrisi baik untuk mencegah alergi tersebut.

Bagikan

Jangan lewatkan

Yuk, Kenali Berbagai Jenis Alergi Kulit pada Anak dan Bayi !
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.