Sabtu, 05 Mei 2018

Cara Pemeliharaan Genset Cummins yang Benar agar Selalu Awet

Genset Cummins telah menjadi pilihan banyak orang untuk membantu aktivitas pekerjaan mereka. Terutama ketika kondisi mati listrik yang seringkali tidak bisa diduga. Meski begitu, Anda juga tidak bisa lepas tangan begitu saja terhadap mesin. Ada beberapa tips untuk memelihara mesin yang satu ini agar selalu awet seperti berikut ini.


1. Memiliki Operator yang Handal
Satu hal penting pertama yang seringkali banyak dilewatkan orang dalam menjaga keawetan mesin ini adalah tidak memiliki operator yang handal. Maksud dari operator handal adalah mereka yang tahu cara kerja dan mengoperasikan mesin khusus satu ini. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa kerusakan terjadi bukan hanya bersumber dari mesin tapi juga penggunannya.

Human eror biasanya adalah salah satu penyebab utama dari mesin yang mengalami kerusakan. Apabila terus dibiarkan dan tidak segera diatasi maka mesin bisa mengalami rusak total. Untuk itulah, penting bagi Anda untuk memiliki operator yang handal dan juga tidak sembarangan. Soalnya itu menjadi langkah pertama agar mesin yang satu ini dapat awet dan juga tahan lama.

2. Perhatikan Oli pada Mesin
Salah satu faktor penting yang menunjang performa dari sebuah mesin genset adalah tersedianya oli yang baik. Bukan hanya semata untuk memaksimalkan kinerja dari mesin tapi juga untuk menjaga keawetan dari mesin itu sendiri. Caranya adalah dengan memperhatikan ketersediaan oli pada mesin genset Cummins.

Terutama memperhatikan apakah oli sesuai dengan kapasitas dari mesin tersebut. Jika oli terlihat kurang maka segera tambahkan, jika oli sudah terlihat terlalu kental maka sudah waktunya untuk diganti. Hanya saja, Anda mesti memperhatikan satu hal yang pasti dalam mengganti oli. Usahakan untuk memakai merek oli yang sama untuk menjaga keawetan dari mesin itu sendiri.

3. Tempatkan di Alas yang Rata
Penempatan mesin  juga mesti diperhatikan demi awetnya mesin ini. Sangat disarankan untuk tidak menempatkan genset pada area yang tidak rata dan juga tidak kokoh. Soalnya ketika mesin genset dinyalakan akan menimbulkan getaran pada area sekitarnya. Hal ini akan sangat berisiko apabila alas dari mesin tersebut ternyata tidak stabil atau penuh gangguan.

Kemungkinan yang bakal terjadi adalah gesekan keras pada mesin genset ini dan mengakibatkan mesin bisa mengalami kerusakan. Jadi untuk kondisi mesin agar selalu awet adalah dengan tidak meletakkannya di sembarang tempat. Kalau perlu, buat sebuah tempat khusus dengan pondasi yang kuat dan juga baik sebagai alas untuk mesin ini.

4. Jaga Kebersihan Mesin
Cara terakhir untuk membuat mesin ini menjadi awet adalah dengan menjaga kebersihannya. Meskipun terdengar klise, sayangnya masih banyak orang yang melewatkan tahapan ini. Soalnya kotoran yang menempel dan tidak kunjung dibersihkan akan mengganggu kinerja dari mesin ini. Jadi lebih baik Anda memperhatikan kebersihan mesin dalam periode waktu tertentu.

Terutama kebersihan radiatornya yang tidak boleh terganggu. Soalnya apabila radiator sampai tertutupi oleh debu atau kotoran akan mengganggu mesin dan bahkan bisa membuat mesin mengalami kerusakan. Selain itu, usahakan juga jangan sampai terjadi kondisi bocor yang dibiarkan karena akan membuat mesin mengalami mati total.

Cara yang sudah dijelaskan tersebut tentunya akan percuma apabila tidak dilakukan dengan benar. Selain itu, apabila Anda sedang mencari mesin genset kualitas terbaik, tidak terkecuali tipe genset Cummins maka tidak perlu bingung lagi. Soalnya website www.abcpowergenset.com menjadi solusi bagi siapapun yang sedang membutuhkan mesin genset. 

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Pemeliharaan Genset Cummins yang Benar agar Selalu Awet
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.