Kamis, 08 Maret 2018

Mengenal Kayu Jati


Saat sedang mencari furniture untuk rumah, kantor, atau tempat usaha, pasti anda sering sekali mendengar furniture berbahan kayu jati. Sebenarnya, seperti apa dan bagaimanakah kayu jati ?

Kayu jati adalah salah satu jenis kayu berkualitas di Indonesia. Kayu yang banyak tumbuh di Jawa Tengah dan Jawa timur ini menjadi salah satu bahan dasar kayu terfavorit karena memiliki tekstur dan serat yang indah dan halus, sehingga semua furniture yang dibuat oleh bahan kayu ini akan terlihat elegan dan dekoratif. Selain itu, keunggulan dari kayu jati juga terletak pada kekuatannya sehingga dapat bertahan lama meskipun tidak divernis atau berada di ruang terbuka. 

Kayu jati juga memiliki kandungan minyak di dalamnya, sehingga dapat tahan dari cuaca, jamur, dan rayap. Meskipun kuat dan stabil, kayu jati juga mudah dipotong dan dibentuk sehingga dapat menghasilkan ukiran yang indah. Kayu jati juga tidak mudah menyusut atau dalam istilah pertukangan disebut “ngulet”. 

Lalu, apa kekurangan dari kayu jati ? Kekurangan dari kayu jati adalah memiliki pori-pori yang sangat besar, sehingga kurang memuaskan apabila difinishing dengan jenis cat duco. Karena mengandung minyak, proses finishing menggunakan cat duco dapat menimbulkan kekuningan pada kayu. Selain itu, kayu jati juga memiliki gudal atau titik tengah yang paling besar dari jenis kayu lainnya.

Bagaimana pasaran kayu jati ? Meskipun lebih mahal dari bahan kayu lain, Kayu jati masih menempati urutan pertama sebagai bahan dasar mebel karena kuat dan tahan lama. Tidak hanya untuk furniture Indonesia saja, tetapi pemakaian kayu jati juga digunakan oleh orang Eropa sejak jaman dahulu kala yaitu untuk membuat jembatan, bantalan rel, hingga konstruksi kapal perang. Rumah-rumah tradisional Indonesia juga membuat kerangka rumahnya menggunakan kayu jati.

Saat ini, kayu jati diolah sebagai aneka furniture indoor dan outdoor, kerajinan, veneer untuk melapisi kayu lapis, serta dijadikan keeping parket penutup lantai. Ranting dari kayu jati sendiri juga dimanfaatkan sebagai kayu bakar kelas satu karena menghasilkan panas yang tinggi.

Bagikan

Jangan lewatkan

Mengenal Kayu Jati
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.