Senin, 16 Oktober 2017

4 Bukti Batik Keris Terus Berevolusi dari Berbagai Segi

Batik Keris

Umur batik keris dibandingkan umur kemerdekaan Indonesia tentunya lebih lama. Lebih dari 90 tahun, batik keris terus berupaya eksis dan menjadi salah satu karya terbaik dari seluruh batik modern Indonesia. Menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, batik keris pun setiap tahun melakukan revolusi besar-besaran dari berbagai segi. Tidak percaya ? Simak poin-poin singkat ini.

1. Dari Segi Penjualan
Hampir semua toko menghadirkan pakaian batik keris. Baik toko online maupun toko fisik. Mengapa begitu berani menyuplai sebanyak itu ? Soalnya daya minat masyarakat tinggi sekali. Berapa pun jumlah pakaian yang dipajang laku keras. Kadang-kadang ada toko yang kerepotan mengurusi pelanggan yang kian banyak.

2. Dari Segi Bentuk Pakaian
Tidak hanya untuk pakaian kemeja, kini batik keris juga mendukung pola baju lain. Bisa dalam bentuk dress. Bisa pula dalam bentuk blouse. Cara ini cukup ampuh untuk mengenalkan batik keris ke dalam cara berpakaian masyarakat sehari-hari. Ke depannya batik keris juga akan menjangkau pola-pola pakaian yang ada di dunia. Wah, kita tunggu saja.

3. Dari Segi Motif
Motif batik keris konvensional tentu saja tidak dihilangkan. Warisan budaya wajib dijaga, bagaimanapun perubahan zaman terjadi. Namun untuk merevolusi batik keris dari segi motif, umumnya dikolaborasikan dengan batik modern yang ada di Indonesia. Tanpa meninggalkan ciri khasnya yang berbentuk keris.

4. Dari Segi Tingkat Popularitasnya
Mungkin masih segar dalam ingatan kita. Dalam beberapa tahun terakhir batik keris telah menjelma jadi produsen batik yang mendunia. Ini tentu bukan main-main. Sebab, mereka menggaet perusahaan besar rintisan Walt Disney untuk berkolaborasi. Target mereka tentu saja anak-anak. Mudah-mudahan ke depannya semakin banyak yang berkolaborasi, ya.

Paduan antara peran teknologi dan inovasi membuat ekspansi batik keris tak terbendung. Sekaligus membuktikan bahwa batik merupakan komoditas ekspor yang menjanjikan. Tinggal bagaimana para kreator berupaya terus membuat inovasi dari berbagai segi. Kalau bangsa Indonesia menghargai warisan budaya, pasti tidak ada lagi negara yang berani mencuri kekayaan budaya milik kita.

Bagikan

Jangan lewatkan

4 Bukti Batik Keris Terus Berevolusi dari Berbagai Segi
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.