Kamis, 24 Agustus 2017

Menu Makanan Khas Bogor Enak dan Murah


Bagi Anda yang sedang menikmati liburan di Bogor, dan mulai bosan dengan menu sarapan di hotel, cobalah keluar dari hotel dan telusuri pedagang jalanan kaki lima yang ada di sekitaran hotel. Dan jangan heran jika Anda akan banyak menemukan berbagai menu sarapan yang enak dan murah. Jadi bingung memilih makanan khas Bogor untuk sarapan ? Berikut rekomendasi beberapa menu sarapan khas kota hujan. 

Laksa
Anda pasti sering melihat warung kaki lima yang menjual laksa khas Bogor. Makanan khas kota hujan ini, terdiri dari ketupat, toge, bihun, dan daun kemangi. Jika di laksa Betawi Anda akan merasakan gurihnya udang rebon, kalau di laksa Bogor, terasa lebih spesial karena ditambahkan oncom sebagai pengganti udang rebon. Oncom inilah yang membuat si Laksa terasa “Bogor banget”. Selain itu, kuah Laksa Bogor memiliki tekstur kuning yang sedikit lebih kental dan bertekstur, karena ditambahkan parutan kelapa yang ikut masuk ke dalam kuah santan, semakin gurih dengan diatasnya diberi taburan serundeng atau kelapa sangrai. Jika Anda kebetulan menginap di daerah Surya kencana, cobalah untuk masuk ke Gang Aut. Temukan spanduk besar berwarna kuning bertuliskan “Laksa Gg. Aut Khas Bogor”. Seporsi laksa lezatnya hanya dihargai Rp 10 ribu saja.

Toge Goreng
Ini dia makanan yang hanya bisa Anda temukan di Bogor, ya apalagi jika bukan cukup toge goreng. Dari namanya, mungkin yang terlintas dibenak Anda pertama kali adalah toge yang dimasukkankedalamminyakpanas alias digoreng. Padahal, toge di dalam panganan ini dalam pengolahannya sama sekali tidak digoreng, loh, jadi makanan ini adalah berupa toge bersamaan dengan mie kuning dan tahu, direbus di atas wadah, kemudian dicampur dengan potongan lontong. Yang membuat makanan ini menjadi cirikhas Bogor adalah bumbu tauconya yang terbuat dari kacang kedele hasil fermentasi, sehingga menciptakan sensasi asam dan segar saat menyantapnya. Tertarik mencoba ? Di Bogor, toge goreng yang paling terkenal adalah toge goreng mak Evon yang ada di gang Besi, Jalan Surya kencana. Yang membuatnya istimewa, toge goreng mak Evon cara pembuatannya masih tradisional, yaitu dengan menggunakan kayu bakar untuk menjaga citarasanya. Seporsi toge goreng lezat ini bisa Anda nikmati dengan harga Rp 9 ribu saja.

Dodongkal
Jika Anda enggan sarapan berat, Anda bisa coba mencicipi kue dodongkal. Makanan khas ini berbahan dasar tepung beras yang dikukus di dalam sebuah kukusan kerucut yang terbuat dari anyaman bambu. Dalam prosesnya, adonan tepung beras yang sudah matang diguyur dengan gula merah cair  dan diberi taburan kelapa serut sebagai topping. Sekilas, rasanya tidak jauh berbeda dengan kue putu, tapi, adonan tepung beras dari kue dodongkal sedikit terasa lebih kenyal. Seporsi dodongkal yang bisa bisa Anda dapatkan di perempatan gang Aut Surya kencana ini, hanya seharga Rp 15 ribu saja. 

Soto Kuning
Selain terkenal dengan soto mienya, Bogor juga punya soto andalan, yaitu soto kuning. Makanan ini terbuat dari campuran santan dengan aneka rempah, isi sotonya berupa jeroan seperti empal, otak, limpa, paru, daging, babat, kikil, dan lidah. Tempat yang banyak dicari pecinta soto saat di Bogor, salah satunya adalah soto kuning pak Yusup yang terletak di gang Aut, Jalan Surya kencana No. 287. Satu porsinya hanya Rp 15 ribu saja, jika ingin menambah daging, cukup menambah Rp 10 ribu, dan nasi dengan harga Rp 5 ribu.

Cungkring
Cungking disini bukan berarti kurus, kuliner asli Bogor ini dinamakan cungkring karena bahan dasar makanan ini berupa kikil sapi, dan dalam bahasa Sunda, kikil sapi disebut cungkring. Seporsi cungkring biasanya disajikan di atas daun pisang bersama dengan irisan lontong dengan kucuran bumbu kacang layaknya sate. Berbeda dengan sate, ada sensasi kenyal dari setiap gigitan cungkring. Inilah yang membuat sepotong cungkring seharga Rp 15 ribu terasa kurang banyak. Tapi tenang, Anda bisa memesan kikil sesuai dengan keinginan. Penasaran ingin merasakan sensasi kekenyalan juga rasa khas cungkring ? Anda bisa datang ke Jalan Surya kencana, tepatnya di perempatan Gang Aut. Jangan sampai kehabisanya, karena penjual sate cungkring ini hanya ada dari pukul 07.00 sampai 09.00 pagi. 

Doclang
Masyarakat Sundater kenal sangat kreatif, salah satunya adalah dengan lihai menyingkat nama-nama makanan. Adalah doclang, yang juga merupakan singkatan dari medhok pake kacang. Kuliner lezat ini merupakan perpaduan antara lontong, tahu, kentang, dan telor yang disiram dengan bumbu kacang spesial. Rasa bumbu kacang doclang memang sangat kental (medhok), karena terbuat dari perpaduan antara kacang dengan gula merah berporsi banyak. Ini juga yang membuat bumbu kacang doclang lebih manis ketimbang ketoprak, yang jika dilihat dari segi penampilan tidak jauh berbeda. Kuliner lezat dan mengenyangkan ini bisa Anda nikmati dengan harga Rp 10 ribu saja. Untuk mencari tempat penjual doclang, Anda bisa temukan di sepanjang Jalan Veteran, Jembatan Merah. 

Sungguh menggugah selera bukan ? Ingin berwisata murah di Bogor dengan lebih optimal ? Anda bisa memulainya dengan mencari dan booking hotel online murah yang banyak tersedia di sekitar Bogor. Mencari hotel murah di Bogor kini lebih mudah karena di situs Reservasi.com terdapat berbagai rekomendasi hotel-hotel dengan harga terbaik yang bisa Anda pilih. Selamat berlibur ! 

Bagikan

Jangan lewatkan

Menu Makanan Khas Bogor Enak dan Murah
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.