Senin, 14 Agustus 2017

Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Balita

Makanan Bergizi Balita

Lakukan perencanaan untuk makanan balita Anda tentu perlu agar balita Anda mendapat gizi yang seimbang dan juga mendapat porsi yang cukup. Pastikan makanan yang Anda sajikan untuk buah hati sudah mengandung semua jenis makanan yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Ini menjadi perhatian bagi orang tua agar pertumbuhannya tetap sehat. Ada beberapa makanan untuk balita yang harus ada saat dikonsumsi oleh si buah hati, diantaranya :

1. Sayur dan Buah
Sayur banyak mengandung vitamin dan buah juga banyak mengandung akan kaya serat, mineral, dan vitamin. Maka penting bagi ibu untuk mengenalkan makanan ini kepada balita sedini mungkin baik itu berupa sayur ataupun buah-buahan. Dari buah dan sayur yang segar, beku, kaleng, dan yang dikeringkan. Guna membuat balita menjadi lebih tahu tentang makanan sayur dan buah. Dan juga pastikan makanan yang Anda siapkan bagi si buah hati setiap harinya mengandung sayur dan buah. Tiap sayur dan juga buah yang mengandung vitamin serta mineral tentu berbeda-beda. Jadi, lalukan variasi semenarik mungkin dari jenis buah dan sayur yang tidak ketinggalan tentunya variasi makanannya agar membuat anak lebih bergairah untuk makan. Karena semakin bervariasi jenis makanan dan buah maka semakin baik pertumbuhannya. Jangan khawatir juga jika si buah hati hanya mau makan jenis sayur atau buah-buahan yang telah disiapkan satu atau dua saja. Berikan hingga rutin sayur dan buahan cukup dengan porsi kecil namun sering, agar anak belajar menyukai rasanya makanan tersebut. Beberapa anak balita lainnya tentu memilih mengunyah makanan yang mentah dari pada yang sudah masak. Untuk menyiasatinya maka sayuran bisa dijadikan topping pizza atau buah puree sayuran yang disajikan untuk si buah hati.

2. Karbohidrat
Makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi dan roti ini guna untuk energi bagi tubuh yang mana mengandung energi, serat, dan tidak ketinggalan yaitu nutrisi. Makanan ini sering menjadi makanan yang umum bagi anak-anak karena digemari tentunya. Mulai dari sereal, ubu, nasi, dan roti. Ibu bisa memberikan makanan bagi balita makanan yang terbuat dari bahan-bahan biji gandum yang utuh, seperti roti gandum, pasta, dan juga nasi merah. Tetapi anak tidak dianjurkan untuk mengonsumsi menganalkan atau mensajikan makanan pola makan yang hanya terdari dari makanan terbuat dari bahan gandum saja yang mana anak kurang dari berusia 2 tahun, kecuali bagi si buah hati yang rewel yang sukanya memilih makanan. Tapi, jangan dibiarkan saja begitu maka lakukan dengan porsi sedikit kenalkan makanan yang bergizi yang mengandung karbohidrat, nutrisi, dan vitamin. Makanan biji gandum ini akan menyenangkan bagi anak dimana mereka akan menerima kalori dan juga nutrisi yang dibutuhkan bagi tubuh. Apabila setelah berusia lebih dari dua tahun si buah hati maka kenalkan lebih banyak makanan wholegrain lainnya secara bertahap-tahap.

3. Susu
Susu tentu banyak mengandung vitamin dan nutrisi bagi si buah hati. Ini dikarenakan susu tidak terpisahkan bagi anak-anak. Dimana pertumbuhan begitu sangat berarti bagi tubuh. Susu segar ataupun susu olahan yang berlemak tinggi adalah utama sumber kalsium yang mana berfungsi untuk menunjang pertumbuhan serta kesehatan bagi balita guna pada tulang dan gigi si buah hati. Susu ini akan kaya vitamin A yang membantu melawan infeksi dan juga dibutuhkan kesehatan kulita balita dan mata. Umur 1 tahun, dapat mengganti susu ASI menjadi susu formula atau dengan susu sapi segar. Coba juga bagi si ibu untuk memulai memberikan porsi tiga susu dalam sehari, baik dari sebagai minuman, keju, yougurt, dan keju segar. 

4. Protein
Makanan yang mengandung protein yaitu daging, telur, serta kacang-kacangan. Balita membutuhkan asupan protein dan juga zat besi yang banyak selama pada masa pertumbuhannya. Maka ibu lakukan untuk mengenalkan makanan yang banyak mengandung protein tinggi setidaknya diberikan kepada si buah hati sato porsi dalam sehari. Makanan kacang hijau, kacang polong, tempe, tahu, dan hummus merupakan sumber protein juga dan zat besi yang baik. Anak-anak laki-laki biasanya mengonsumsi hingga 4 porsi makan ikan yang mengandung lemak yang tinggi seperti sarden dan salmon. Dan juga yang perlu diingat, jangan berhenti memberikan si buah hati ikan yang berlemak tinggi sebab manfaatnya akan jauh lebih besar dibandingkan risiko kesehatan, selama mereka mengonsumsi lebih jauh dari jumlah makanan yang direkomendasikan

Bagikan

Jangan lewatkan

Makanan Sehat dan Bergizi Bagi Balita
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.