Jumat, 14 Juli 2017

Mobil Kamu Mogok di Tengah Jalan ? Jangan Panik Dulu, Ini Solusinya


Siapa sangka jika kamu akan mengalami hari yang kurang menyenangkan dengan mengalami mogok mobil apalagi ketika mogoknya ada ditengah jalan, pasti sungguh merepotkan dan membuat pikiran tidak karuan bukan ?

Padahal di pagi hari mobil kamu panaskan dan semua terasa baik-baik saja.

Namun mau dikata apa, kejadian seperti ini tidak bisa diramalkan. Mungkin saja memang ada sesuatu yang tidak beres pada mobil kamu dan kamu tidak menyadarinya.

Jika sudah seperti ini, kamu harus bertindak cepat supaya tidak menyebabkan kejadian yang tidak diinginakan ketika berada di tengah jalan.

Oke langsung pada pembahasan supaya kamu bisa segera memperbaiki mobil kamu, walaupun kamu sebelumnya tidak memiliki pengalaman dalam bidang mesin mobil namun tenang saja karena artikel ini sengaja dibuatkan khusus agar mudah dipahami oleh siapapun juga. 


1. Tepikan Kendaraan Kamu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menepi dan mencari tempat yang aman agar mobil kamu tidak menyebabkan kemacetan.

Bagaimana caranya, sedangkan mobil saja tidak mau menyala ?

Ya tentu harus kamu dorong sendiri. Jika kamu mau kamu bisa meminta tolong seseorang untuk membantu mendorong mobil kamu ke pinggir jalan sehingga kamu bisa dengan leluasa mencari penyebabnya kenapa bisa mogok.

Jika kamu beruntung, mungkin saja kamu bisa mendapati bengkel terdekat dan mendorongnya hingga ke sana, namun jika tidak ada kamu bisa terus membaca pembahasan pada point berikutnya untuk memperbaiki mobil kamu.

2. Periksa Bagian Supply Daya 

Coba periksa sambungan di tutup kepala aki mobil apakah sambungannya ada yang terlepas atau tidak. Jika memang ada yang lepas segera sambungkan kembali pada tempatnya. Periksa juga bagian kabel pada koil untuk memastikan kabelmya dalam keadaan normal.

Jika semua sudah dilakukan dan mobil masih tidak mau menyala ada kemungkinan aki mobil harus di charge.

3. Cek Karburator Mobil

Kedua komponen ini biasanya menjadi penyebab masalah kebanyakan mobil mogok tapi bisa juga tidak. Namun berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, jika mobil mogok hal itu menandakan karburator dan busi mobil sudah sangat kotor dan harus dibersihkan.

Kamu tentu tahu bukan apa itu karburator ?

Jika iya, segera cek dan lepas selang bahan bakar kemudian masukan ujungnya ke botol lalu nyalakan mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, begitu pula sebaliknya.

Kamu bisa mencoba membersihkan kotoran yang ada dalam karburator dan selangnya agar jalur yang akan dilalui bahan bakar bisa bersih dan dapat membuat mobil kamu menyala kembali.

Namun jika kamu masih belum menguasai masalah teknis seperti ini, mau tidak mau kamu harus mencari bengkel terdekat atau meminta bantuan kepada orang yang mengerti mengenai hal ini.

Oleh karena itu, sebaiknya jika kamu memiliki mobil sebaiknya pahami mengenai mesin dan teknis perbaikan mobil agar ketika kamu mengalami masalah kamu bisa memperbaikinya sendiri.

Sekian informasi yang bisa diberikan oleh bkrentcar.com sebagai penyedia jasa sewa mobil di Jakarta, nantikan berbagai artikel kami lainnya mengenai dunia otomotif ☺

Bagikan

Jangan lewatkan

Mobil Kamu Mogok di Tengah Jalan ? Jangan Panik Dulu, Ini Solusinya
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.