Selasa, 25 Juli 2017

6 Persyaratan yang Harus Di penuhi Ketika Melakukan Pinjaman ke Bank


Sebelum melakukan pinjaman ke bank, Anda tentu harus memenuhi persyaratan yang diajukan pihak bank. Setelah Anda memenuhi syarat tersebut, maka pihak bank akan memproses permintaan Anda. Nah, berikut beberapa persyaratan pinjaman ke bank yang mesti Anda ketahui.

1. Melengkapi identitas diri
Nah, sebelum Anda melakukan pinjaman ke bank, maka Anda harus mempersiapkan data diri Anda dengan selengkap-lengkapnya. Pastikan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda adalah yang masih berlaku. Pastikan pula alamat Anda sekarang dengan alamat yang tertera di KTP adalah sama. 

Bila ternyata berbeda, maka Anda harus mengurus surat keterangan domisili dari kelurahan. Bagi Anda yang sudah mempunyai status menikah, maka KTP yang harus disertakan adalah KTP kedua belah pihak, yakni suami dan istri. 

2. Mencantumkan akta nikah
Selain KTP suami dan istri, Anda juga harus mencantumkan akta nikah. Hal ini disebabkan karena pihak bank harus mengetahui bahwa harta yang Anda miliki adalah harta milik bersama. Jadi, andai kata sewaktu-waktu terjadi masalah yang harus diklarifikasi, pihak bank akan mudah mendapatkan informasi.

3. Melampirkan kartu keluarga
Persyaratan pinjaman ke bank yang selanjutnya adalah lampiran fotokopi kartu keluarga Anda. Dengan demikian, pihak bank akan mengetahui berapa banyaknya anggota keluarga yang Anda miliki. Semakin banyak jumlah anggota keluarga Anda maka secara logika akan semakin tinggi pula beban biaya yang harus Anda tanggung. Pihak bank akan semakin intens mempertimbangkan permintaan Anda.

4. Melampirkan fotokopi buku tabungan
Melalui fotokopi buku tabungan pihak bank akan mengevaluasi besarnya dana yang ada di rekening Anda minimal 3 bulan terakhir. Dengan demikian, kemampuan secara finansial dalam membayar pinjaman Anda kelak akan terpantau. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bank dalam memberikan pinjaman atau tidak.

5. Menyertakan fotokopi slip gaji
Selain buku tabungan, hal yang tak kalah luput dari perhatian adalah slip gaji. Pihak bank dapat mempertimbangkan kemampuan Anda untuk mengembalikan pinjaman. Bila dana pinjaman yang Anda ajukan tinggi sementara nominal yang tertera di slip gaji Anda dirasa kurang mendukung, maka pihak bank kecil kemungkinan akan mengabulkan dana pinjaman.

6. Tidak mempunyai kredit
Jika Anda masih mempunyai tunggakan kredit yang belum terlunasi tentu pihak bank akan lebih waspada dalam memberikan Anda kredit berikutnya. Maka, pastikan Anda terbebas dari kredit terdahulu sebelum mengajukan kredit kembali.

Setelah Anda memenuhi persyaratan pinjaman ke bank diatas maka besar kemungkinan pengajuan dana kredit Anda akan dikabulkan. Bersegeralah memenuhi segala sesuatunya sebelum mengajukan permintaan. Persiapan yang matang adalah kunci keberhasilan usaha Anda !

Bagikan

Jangan lewatkan

6 Persyaratan yang Harus Di penuhi Ketika Melakukan Pinjaman ke Bank
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.