Jumat, 14 April 2017

Ilusi Optik Membuat Daya Imajinasi Tinggi dalam Berkarya

Anda pasti bingung apa itu ilusi optik kan ? Nah, sekarang saya akan berbagi tentang apa itu Inspirasi berkarya terbaru ilusi optik. Ilusi optik adalah ilusi yang terjadi disebabkan kesalahan penangkapan pada mata manusia. Atau ilusi yaitu ilusi yang disebabkan oleh sebuah sistem visual dan ditandai dengan gambar yang visual dan dirasakan yang berbeda dan realitas yang objektif. Jadi, informasi yang dikumpulkan ini oleh mata dan diproses diotak untuk memberikan sebuah persepsi yang tidak cocok sehingga dengan ukuran fisik dari sumber yang stimulus.



Ada beberapa jenis ilusi optik, diantaranya adalah :
  1. Ilusi Optik Fisiologis
  2. Ilusi Optik Kognitif
  3. Ilusi Literal

1. Ilusi Optik FIsiologis
Adalah merupakan sebuah efek stimulasi yang berlebihan dari sebuah jenis atau hal-hal tertentu seperti  kecerahan, warna, ukuran, posisi, dan gerakan. Ini seperti yang terjadi pada afterrimages atau sebuah kesan gambar yang terjadi apabila setelah melihat cahaya yang sangat terang atau melihat pola gambar tertentu dalam waktu yang lama. Hal ini diduga bahwa merupaan efek yang terjadi pada mata ataupun otak setelah mendapatkan rangsangan secara tertentu dengan berlebihan.

2. Ilusi Kognitif
Adalah hasil kesimpulan sadar dalam ilusi yang patologis timbul dari patologis yang berlebihan dalam satu mekanisme persepsi visual fisiologis yang menyebabkan jenis ilusi tersebut. Ilusi kognitif ini biasanya diasumsikan terjadi karena anggapan sebuah pikiran yang terhadap sesuatu diluar. Pada umumnya ilusi kognitif dibagi menjadi ilusi ambigu, ilusi yang distorsi, ilusi yang paradoks, dan ilusi yang fiksional.
  • Ilusi ambigu, sebuah gambar atau objek yang bisa ditafsirkan secara berlainan. Contohnya yaitu  gambar kubus necker dan Vas Rubin.
  • Ilusi distorsi, gambar yang terdapat distorsi ukuran, panjang atau sifat yang kurva atau lurus melengkung. Contohnya yaitu pada ilusi dinding pada tempat kafe dan ilusi pada Mueller-Lyer ini.
  • Ilusi fiksional, ini didefinisikan suatu sebagai persepsi yang terhadap objek yang sama sekali berbeda sehingga bagi seseorang tetapi bukan orang lain. Contohnya yaitu disebabkan oleh Schizofrenia atau bisa juga disebut halusinogen. Ini tepatnya disebut dengan halusinasi.

3. Ilusi Literal
Adalah membuat sebuah gambar menjadi yang berbeda dari objek yang dibuat.



Jadi, Ilusi optik ini sering dikatakan atau diklarifikasi ke dalam sebuah kategori termasuk fisik, persepsi, kognitif, dan kontras dengan halusinasi optik. Pada teorinya adalah bahwa stimulus ini mengikuti jalan saraf secara khusus individu pada tahap awal pemrosesan visual, dan bahwa aktivita ini yang intens atau secara berulang bahkan interaksi dengan saluran aktif yang berdampingan menyebabkan suatu keseimbangan fisiologis yang mengubah persepsi pada manusia. Setelah pada reseptor ini aktif, menghambat reseptor yang saling berdekatan. Penghambatan ini akan menciptakan kontras, menyoroti tepi. Dalam jaringan ilusi tempat abu-abu muncul dipersimpangan karena adanya respon penghambat yang ilusi terjadi sebagai akibat dari wilayah gelap meningkat. Pada penghambat lateral juga telah digunakan untuk menjelaskan jaringan ilusi. Pendekatan impiris yang baru ini terhadap sebuah ilusi optik yang telah berkembang dalam menjelaskan fenomena optik dengan sebuah teori yang berdasarkan penghambatan lateral.

Sekarang sudah tahu kan apa itu ilusi optik. Berkarya lewat sebauah gambar ilusi optik ini tentunya sangatlah menarik. Dengan menggunakan fisik, persepsi, kognitif dan kontras serta sensori pada mata tentu akan menjadi daya berfikir anda akan lebih kritis. Karena tidak hanya satu gambar saja yang bisa diasumsikan oleh sebuah gambar bisa jadi menjadikan beberapa gambar hal lainnya. Berkarya dengan secara unik pada Inspirasi berkarya terbaru akan memudahkan daya imajinasi tinggi dalam berkarya.

Bagikan

Jangan lewatkan

Ilusi Optik Membuat Daya Imajinasi Tinggi dalam Berkarya
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.