Jumat, 03 Maret 2017

Kelebihan dan Kekurangan Handphone Android terbaru Bagi Pengguna Remaja


Penggunaan handphone yang dulunya sebagai sarana komunikasi, kini menjadi semakin meluas. Hampir setiap orang sudah memiliki handphone minimal 1 buah sebagai alat komunikasinya, tak terkecuali para remaja. Apalagi dengan munculnya handphone android terbaru yang memiliki sistem operasi sehingga dapat digunakan untuk berbagai kegunaan selain dari alat komunikasi. Para remaja saat ini hampir semuanya menggunakan handphone jenis ini. Namun ada juga sekolah-sekolah yang melarang penggunaan android bagi pelajarannya khususnya di lingkungan sekolah. Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan android tersebut bagi para remaja? Berikut ini penjelasannya.

Handphone dengan sistem operasi android kini telah menjadi idola bagi sebagian besar pengguna handphone. Dengan platform yang fleksibel sehingga dapat ditambah maupun dihapus memungkinkan android diinstal berbagai aplikasi pendukung yang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu dengan handphone ini koneksi internet menjadi lebih cepat dan nyaman karena dukungan aplikasi penghubung. Apalagi handphone jenis ini memang didesain untuk penggunaan yang terus menerus sehingga desainnya lebih besar sehingga tampak lebih jelas.

Berikut ini adalah kelebihan-kelebihan yang dimiliki android bagi para penggunanya:
1.    Dapat menambah dan menghapus berbagai aplikasi serbaguna
Handphone ini dapat dikatakan sangat fleksibel mengenai kegunaannya. Bagi Anda dengan kebutuhan editing musik atau film, dengan membeli android baru, Anda dapat menginstal aplikasi yang Anda butuhkan untuk keperluan tersebut. Dengan android yang sama, orang lain yang lebih menyukai fotografi juga dapat menggunakannya untuk mendownload aplikasi fotografi maupun editing gambar. Karenanya kegunaan android menjadi sangat beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.
 
2.    Koneksi internet lebih cepat
Semakin tinggi versi sistem operasi android yang digunakan maka akan semakin cepat koneksi internet yang dapat digunakan. Tentu saja hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya seperti kartu sim, RAM, broadband yang dihubungi dan sebagainya. Namun pada umumnya handphone android terbaru menawarkan koneksi internet jauh lebih cepat dibandingkan handphone konvensional.
 
3.    Dimensi lebih lebar dan nyaman
Karena berbagai dukungan yang dimiliki android, menyebabkan handphone ini banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan misalnya bermain game dan menonton streaming film. Untuk itu para vendor memproduksi android dengan dimensi yang lebih besar dari handphone biasa untuk kenyamanan penggunanya.
 

Dari sekian banyak kelebihan handphone ini, bukan berarti tidak ada kelemahan yang dimilikinya. Berikut ini adalah kelemahan dari sisi teknis yang dapat disebabkan oleh handphone tersebut:

  1. Pemborosan karena harga android yang lebih mahal serta kebutuhan pulsa yang semakin banyak
  2. Android yang terkoneksi internet memancarkan radiasi melebihi handphone konvensional

Selain dari kekurangan secara teknis, pemakaian android yang saat ini hampir dilakukan setiap saat membuat banyak kalangan terutama remaja melupakan hal-hal nyata di sekelilingnya seperti belajar, berkumpul bersama keluarga dan orang lain atau bersosialisasi di kehidupan nyata, hingga menghabiskan seluruh waktunya untuk menatap layar android tersebut.

Kelebihan handphone android terbaru memang perlu dimanfaatkan secara maksimal untuk mempermudah tugas-tugas manusia. Namun penggunaannya juga perlu diawasi terutama untuk kalangan remaja. Hal tersebut sangat dipengaruhi karena fleksibilitas handphone yang dapat diisi oleh beragam aplikasi pendukung yang ada diantaranya tidak layak dikonsumsi oleh remaja dan anak-anak seperti permainan yang mengandung unsur kejahatan atau kekerasan hingga konsumsi film dewasa. Pendidikan karakter harus terlebih dahulu ditanamkan sebelum anak dan remaja dibekali orang tua dengan handphone jenis ini untuk tetap menjaga mereka berada dalam koridor yang wajar.

Bagikan

Jangan lewatkan

Kelebihan dan Kekurangan Handphone Android terbaru Bagi Pengguna Remaja
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.