Jumat, 10 Februari 2017

Tips Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus



            Apakah anda merasa orang yang paling tidak bisa konsentrasi ? Atau mudah lupa ? Jika iya, ini bisa jadi karena ada yang berubah dalam keseharian anda, mungkin terlalu  banyak hal yang harus dikerjakan sehingga hal lain menjadi terabaikan atau mungkin karena kurangnya istirahat yang cukup sehingga otak tidak dapat fokus. Pada tingkat konsentrasi yang baik serta peningkatan memori otak yang lebih mudah dalam mengingat dan berpikir tentu menjadi keinginan bagi semua orang. Sayangnya stress dan rasa lelah dapat memicu turunnya konsentrasi sehingga kerjaan pun tidak beres dan menuai masalah bagi anda.

            Turunnya konsentrasi bisa juga menjadi pertanda jika otak tengah kelelahan dan membutuhkan asupan energi yang tepat. Pada dasarnya pikiran yang selalu santai dan menikmati suasana yang sedang dihadapi membuat diri ini lebih mudah berkosentrasi walau banyak tekanan yang datang, jangan sampai semuanya itu mengacaukan pikiran kita. Jika kita senantiasa bersyukur, pikiran lebih ringan dan hati juga lega menikmati semua yang telah terjadi.



            Kali ini ada beberapa tips yang berguna untuk anda agar lebih bisa konsentrasi dan meningkatkan daya ingat anda, berikut tipsnya :



Buat aktivitas kebiasaan dalam keseharian

          Kegiatan yang anda lakukan secara berulang-ulang, secara rutin, dalam jangka waktu yang lama, maka akurasi anda dalam bekerja atau belajar akan menjadi lebih tinggi.  Akibatnya, daya konsentrasi yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut tidak akan lagi terlalu tinggi.  Hasilnya, pekerjaan tersebut tidak akan menjadi terlalu melelahkan bagi otak anda. Lakukan berulang-ulang, maka lama kelamaan anda akan terbiasa melakukan hal tersebut.  Hasilnya, anda akan lebih mudah berkonsetrasi dalam melakukannya.



Luangkan waktu untuk liburan

          Konsentrasi bisa menurun dengan cukup parah apabila anda mengerjakan berbagai macam hal secara berulang-ulang, dalam waktu yang lama.  Misalkan mengerjakan pekerjaan kantor tanpa mendapat waktu liburan yang layak.  Maka dari itu, perlu sekali waktu untuk mengambil cuti atau liburan di mana anda benar-benar bisa beristirahat dan melakukan hal yang anda sukai. Sangat penting juga untuk tidak sekedar berlibur, namun mencari suasana baru untuk menyegarkan pikiran.  Anda bisa pergi ke luar kota satu dua hari, menginap di luar, makan di tempat yang benar-benar berbeda, dan melakukan berbagai aktivitas lain untuk menyegarkan pikiran.  Sekembalinya anda dari liburan, dan konsentrasi dan mood bekerja anda akan berada di titik tertinggi.





Jangan melakukan pekerjaan ditempat tidur

            Ketika ada pekerjaan yang menuntut anda konsentrasi tinggi, maka hindari mengerjakannya di tempat tidur. Lakukan hal tersebut di atas meja belajar atau pada meja kerja. Jangan membiasakan diri untuk belajar dan bekerja di atas tempat tidur anda karena tempat tidur dapat menstimulus anda menjadi malas sehingga konsentrasi menjadi terpecah. Alhasil pekerjaan pun tidak dapat diselesaikan secara maksimal. Inilah pentingnya memiliki meja belajar atau meja kerja sendiri dalam ruangan khusus. Lengkapi juga meja anda dengan kursi yang nyaman serta sirkulasi udara yang cukup dan yang pasti penerangan yang memadai untuk menunjang anda bekerja.



Menjaga Pola Hidup Sehat

            Konsentrasi sangat erat kaitannya dengan aliran darah ke otak.  Makin lancar aliran darah ke otak, makin mudah pula kita berkonsentrasi. Untuk memperlancar aliran darah ini, diperlukanlah pola hidup sehat yang seimbang. Pastikan untuk tidur cukup, olahraga teratur, dan makan makanan yang bergizi.  Iini sangat berguna dalam jangka panjang, dan bahkan hingga usia tua.  Orang yang mengembangkan pola hidup sehat biasanya terhindar dari sifat pikun dan pelupa saat ia menginjak usia lanjut.  Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk menjaga gaya hidup anda tetap seimbang dan sehat. Melakukan pola hidup sehat dapat diawali dengan tidur yang cukup, olahraga dan yang paling penting adalah dengan mengonsumsi makanan yang bergizi. Melakukan pola hidup sehat dapat dilakukan mulai dari sekarang sehingga dampaknya berlangsung panjang hingga anda tua nanti.

            Orang yang melakukan pola hidup sehat memiliki resiko rendah terkena sifat pikun serta mudah lupa di kala tuanya. Bagi anda yang menginginkan masa tua tetap aktif, jadi lakukan pola hidup sehat dari sekarang.



Lakukan Pekerjaan dengan satu waktu agar selesai dengan sempurna

            Menyelesaikan sesuatu dengan hasil yang benar-benar bagus, cobalah untuk membiasakan diri mengerjakan satu hal hingga selesai dengan sempurna, baru beralih ke hal yang lainnya.  Jangan membiasakan diri untuk melakukan multitasking, alias mengerjakan berbagai macam hal dalam satu waktu. Dengan membiasakan diri fokus pada satu hal di hadapan anda, berbagai pengalih perhatian akan lebih mudah dihindari, kita akan lebih mudah berkonsentrasi, dan tentu saja, hasil akhir pekerjaan yang dilakukan pun akan lebih optimal.



Pola berpikir yang positif

            Pikiran ternyata membawa pengaruh yang begitu besar dalam kehidupan sehari-hari anda. Ketika anda berpikir positif maka segala tindakan anda akan lebih terarah dan fokus pada tujuan yang ingin dicapai. Berbeda dengan mereka yang gemar berpikir negatif, maka pola pikir ini justu bersifat merusak dan akhirnya membuat kinerja anda tidak maksimal. Pola pikir ini merupakan sesuatu yang bisa anda atur sendiri. Hal ini anda tidak boleh mudah terpengaruh hasutan orang namun tetaplah pada pendirian anda. Percayalah pada kemampuan diri sendiri dan hindari sikap mudah emosional yang hanya akan membawa dampak buruk bagi anda sendiri.

Menghindari perasaan yang tertekan

            Perasaan tertekan terhadap pekerjaan yang anda lakukan, merupakan salah satu hal yang hanya akan membuat kinerja anda menurun kualitasnya. Ketika anda memiliki banyak kerjaan menumpuk dan harus segera diselesaikan anggaplah jika tugas-tugas tersebut merupakan bagian dari hidup anda dan harus dilakukan sebaik mungkin. Jangan berpikir jika pekerjaan adalah beban yang membuat hidup anda menjadi kurang menyenangkan. Inilah kenapa ketika kita ingin bekerja, sebaiknya pilih jenis pekerjaan yabg menyenangkan dan sesuai dengan passion yang anda miliki. Kecocokan pribadi dengan jenis pekerjaan yang didapat, nyatanya berpengaruh besar terhadap kualitas anda sebegai pekerja. Pekerjaan yang dijalankan dengan sukacita dapat membuat seseorang terfokus dalam pekerjaannya sehingga hasil kerja pun menjadi lebih optimal. Ketikapun anda tidak mendapat pekerjaan yang anda sukai, jangan lantas berputus asa karena perlu ditekankan.



Luangkan waktu istirahat

            Untuk memberikan otak anda istirahat sebentar setidaknya lima menit setiap 60 menit aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi. Jika otak Anda harus berkonsentrasi secara konsisten selama berjam-jam pada suatu waktu tanpa jeda, daya konsentrasi dan fokus anda justru bisa menurun secara drastis. Beristirahatlah setidaknya 3 sampai 5 menit setiap bekerja, untuk menjaga vitalitas otak anda, bisa dengan berjalan-jalan keluar sebentar, makan camilan, atau sekedar berhenti dari hal yang anda lakukan dan mendenganrkan musik.  Jika anda perlu bekerja atau belajar dalam durasi yang lama, jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat yang cukup lama untuk tidur.

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.