Jumat, 10 Februari 2017

Olahraga Setiap Hari dengan Porsi Ideal



            Olahraga sangat perlu bagi kesehatan karna dapat memperlancar peredaran darah dalam tubuh, mengendalikan berat badan, meingkatkan mood, menghindari berbagai macam penyakit, dsb. Pentingnya berolahraga dilakukan secara teratur, misal dalam satu minggu 3 kali. Bahkan dalam setiap hari berolahraga sangat baik bagi kesehatan tapi jangan khawatir apabila anda berolahraga akan jatuh sakit karna terlalu lelah. Kondisi normal olahraga untuk orang dewasa dianjurkan berolahraga 30 menit setiap hari. (Russel Pate)

            Beberapa Hal yang diperhatikan dalam berolahraga berlebihan hanya akan membuat anda kelelahan, cedera otot, meningkatkan nafsu makan, dan mempengaruhi kualitas tidur.
            Ada 3 jenis olahraga yang dapat anda lakukan dalam sehari-hari, diantaranya :   
Kardio
            Melakukan olahraga berlatih kardio selama 150 menit perminggu. Apabila ingin berlatih kardio setiap hari, artinya Anda harus meluangkan 30 menit selama 5 hari dalam 1 minggu.  Ini harus disesuaikan intensitasnya dengan kemampuan kita sendiri.  Saat berlatih,  anda harus tetap bisa bicara normal, tidak terengah-engah karena intensitas yang terlalu tinggi atau bernyanyi-nyanyi karena intensitas terlalu rendah. Kombinasikan latihan kardio anda, misalnya bersepeda di hari Senin, berjalan cepat di hari Selasa, lari atau joging pada Rabu, renang di hari Kamis, dan aerobik di hari Jumat. Intensitas ini anda juga perlu menarik nafas dalam-dalam sehingga energi yang dikeluarkan juga cukup besar. 


Latihan Beban
            Pada latihan ini mengencangkan otot sekaligus untuk membakar kalori di dalam tubuh. Pada prinsipnya sama dengan kardio, beban latihan anda juga tidak boleh melebihi kemampuan. Sangat disarankan hindari berlatih beban dalam 2 hari berturut-turut karna otot juga perlu istirahat setidaknya 24 jam setelah latihan pertama. Apabila anda mengalami kondisi medis tertentu maka berlatihlah dengan pelatih fitnes pribadi atau personal trainer. Personal trainer yang baik dapat memahami kondisi kesehatan kliennya dan membuatkan rencana latihan yang tidak menyakiti tetapi justru meningkatkan level kesehatan Anda. Hal yang diperhatikan selalu memulai dengan porsi moderat dan perlahan. Dan tingkatkan porsi dan intensitas secara bertahap ketika tubuh anda sudah siap untuk itu. Bila anda malas untuk memulai, maka cobalah untuk mencari jenis latihan outdoor seperti bersepeda, atau olahraga kompetisi seperti badminton, sepakbola, futsal, dan tenis. Latihan outdoor lebih banyak disukai karena tidak membosankan dan ada tantangan di dalamnya
            Berlatih secara teratur, pembakaran kalori bahkan akan terus berjalan sampai ketika anda sedang tertidur. Latihan beban ini juga baik untuk menjaga massa tulang sehingga terhindar dari risiko tulang keropos atau osteoporosis. Porsi latihan ini 2 sampai 3 kali seminggu, gunakan beban sesuai kebutuhan jangan terlalu ringan sehingga tidak ada tantangannya bagi anda dan juga jangan terlalu berat yang bisa menimbulkan cedera bagi anda sendiri. Latihan yang bisa dilakukan ini misalnya gerakan apa saja dengan menggunakan beban berupa dumbbell atau bantuan mesin dan alat olahraga lainnya. Melakukan variasi gerakan sehingga bisa mengencangkan otot diberbagai daerah tubuh anda, mulai dari dada, perut, lengan, bahu, hingga kaki.

  Functional Fitness


            Latihan-latihan ini bisa membantu melatih kekuatan sekaligus ketangkasan anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Jenis latihan ini juga akan membuat dua jenis latihan lainnya dapat dijalani dengan lebih mudah, sekaligus melindungi anda dari cedera. Functional fitness ini juga membantu melatih fleksibilitas atau kelenturan tubuh, keseimbangan, serta koordinasi. Selain itu, latihan ini juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh serta "memoles" gerakan Anda hingga bisa terlihat lebih anggun. Dalam melakukan latihan ini disarankan melakukan setiap hari dengan barbagai jenis stretching, mulai dari sit-up, push-up, dan latihan-latihan jenis lainnya yang bisa dilakukan dengan tanpa tambahan beban. Atau bisa dengan latihan yoga atau Pilates dsb.

Bagikan

Jangan lewatkan

Olahraga Setiap Hari dengan Porsi Ideal
4/ 5
Oleh samantha reyhan

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.